Lompat ke isi utama

Berita

Rapat Kerja Persiapan Pengawasan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Tahun 2024

Rapat Kerja Persiapan Pengawasan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Tahun 2024
\n

Bawaslu Kabupaten Ketapang melaksanakan kegiatan Rapat Kerja Pengawasan, mengundang Ketua dan Anggota Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Ketapang yang dilaksanakan di Hotel Grend Zuri Ketapang pada hari Jumat 26 Mei 2023

\n\n\n\n

Rapat Kerja Persiapan Pengawasan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Bawaslu Kabupaten Ketapang. Kegiatan tersebut di Hadiri oleh Bpk Mursyid Hidayat, S.Sos selaku Ketua Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat dan Ibu Yulia Putri Kartika, S.IP selaku Koordinator Sub Bagian Humas Dan Hubal Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat. Dalam arahan Ketua Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat beliau menekankan Surat Edaran (SE) Nomor 1 Tahun 2023 tentang Pencegahan Dugaan Pelanggaran dan Pengawasan Tahapan Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Pemilihan Umum Tahun 2024. Yang mana dalam SE nomor 1 tahun 2023 tersebut juga menjelaskan Alur Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih. Sedangakn Fokus Pengawasan Penyusunan, Rekap dan Penetapan DPT yaitu Perbaikan Elemen Data Pemilih, Penambahan Pemilih Baru, dan Pencoretan Data Pemilih TMS. Selanjutnya Ketua Bawaslu Provinsi Kalimantan barat Mursyid Hidayat, S.Sos dalam arahannya didepan Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Ketapang menekankan bahwa “urusan daftar pemilih ini sangat penting maka harus diperhatikan dengan baik oleh karena itu upaya pengawasan harus dimaksimalkan jangan sampai ada yang terlewatkan”.

\n\n\n\n

“Peraturan dalam hal kepemiluan harap dipelajari dan dipahami dengan baik, karena itu yang menjadi landasan kita bersama dalam melaksanakan upaya pengawasan, harus sering ditelaah, sering didiskusikan bersama dan yang penting adalah disosialisasikan kepada jajaran dibawahnya sehingga pemahamannya merata”

\n\n\n\n

Selain itu, kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Ronny Irawan, kemudian Bapak Busrahman, Ibu Syf Herlina. selaku Anggota Bawaslu Kabupaten Ketapang dan Bapak Tengku Nurmawardi, M.Sos selaku Kepala Sekretariat (Kasek) Bawaslu Kabupaten Ketapang. Kegiatan ini bertempat di Hotel Grend Zuri pada tanggal 26 Mei 2023. Terundang 60 orang komisioner Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Ketapang kegiatan tersebut berlangsung dari pukul 08.00 s.d 16.00 wib.

\n\n\n\n

Kegiatan selanjutnya disampaikan oleh SubKor Humas Hubal Ibu Yulia Putri Kartika, S.IP tersebut menyampaikan materi tentang Optimalisasi Pengelolaan Media Sosial, dimana Media Sosial ini salah satu yang sangat penting sebagai wujud sosialisasi kerja kerja pengawasan dengan menggunakan media sosial yang baik, benar dan menarik minat pembaca

\n\n\n\n

Materi yang terakhir disampaikan Bapak Ronny Irawan selaku Anggota Bawaslu Kabupaten Ketapang Koordinator Pencegahan, Parmas dan Humas (P2H) Beliau menyampaikan tentang Hasil Pengawasan Tahapan Pengumuman DPSHP dan Penyusunan Hasil DPSHP Akhir dari permasalahan/temuan pengawasan, saran perbaikan dan catatan hasil dari pengawasan tentang kegandaan data pemilih, pemilih yang sudah meninggal dunia belum dihapus atau dicoret, pemilih pemilik eKTP luar, pemilih pindah domisili dan penempatan lokasi TPS.

\n\n\n\n

\n\n\n\n

Ketapang, 26 Mei 2023

\n