Lompat ke isi utama

Berita

PERPANJANGAN PENDAFTARAN PANWASLU KECAMATAN RESMI DITUTUP

PERPANJANGAN PENDAFTARAN PANWASLU KECAMATAN RESMI DITUTUP
\n

BAWASLU KETAPANG : Sering jarum jam menunjukkan pukul 00.00 WIB, BAWASLU Kabupaten Ketapang secara resmi menutup masa perpanjangan penerimaan berkas pendaftaran Calon Anggota Panitia Pengawas Kecamatan, pada Selasa, (10/12/2019).

\n\n\n\n

Sebelumnya, Bawaslu\nKabupaten Ketapang memang sempat membuka perpanjangan penerimaan berkas\npendaftaran, dikarenakan terhadap 7 (tujuh) kecamatan yang jumlah pendaftarnya\nmasih di bawah quota, yakni sekurangnya 6 (enam) orang. Perpanjangan\npendaftaran di mulai sejak Jumat, (6/12/2019) sampai dengan Selasa,\n(10/12/2019). Berdasarkan pantauan tercatat ada penambahan jumlah pendafatar\nsebanyak 9 (sembilan) orang hingga batas waktu pendafatar ditutup.

\n\n\n\n

Adapun rincian 9\n(sembilan) orang pendaftar tersebut, terdiri dari 2 (dua) orang di Kecamatan\nPemahan, 1 (satu) orang di Kecamatan Marau, 1 (satu) orang Kecamatan Nanga\nTayap, 3 (tiga) orang Kecamatan Jelai Hulu, serta 2 (dua) orang di Kecamatan\nAir Upas. Dengan demikian, secara keseluruhan total jumlah pendaftar dari 20\nKecamatan sebanyak 171 orang.

\n\n\n\n

Berdasarkan hasil\npenelitian terhadap kelengkapan dan keabsahan berkas persyaratan administrasi\nyang di serahkan pendaftar, terdapat 13 (tiga belas) orang pendaftar yang\ndinyatakan tidak lulus dikarenakan persyaratan administrasi dinilai tidak\nlengkap. Sementara sejumlah 158 (seratus lima puluh delapan) orang lainnya\ndinyatakan lulus memenuhi persyaratan administrasi dan berhak melanjutkan ke\ntahapan Tes Tertulis dan Wawancara.

\n\n\n\n

Pengumuman kelulusan\nseleksi administrasi terhadap Calon Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan secara\nresmi sudah diumumkan oleh Bawaslu Kabupaten Ketapang sejak Selasa,\n(10/12/2019) pukul 00:00 WIB melalui papan pengumuman, website & media\nsosial. Demikian pula pemberitahuan secara langsung kpd peserta  seleksi juga sudah dlakukan via nomor telpon\nmasing-masing.

\n\n\n\n

Selanjutnya, untuk\nkeperluan pelaksanaan tes tertulis dan tes wawancara, Bawaslu Kabupaten\nKetapang sudah membagi lokasi tes ke dalam 3 (tiga) zona. Hal ini dimaksudkan\nuntuk memudahkan akses peserta menjangkau lokasi tes terdekat dari tempat\ndomisilinya, sehingga lebih efesiens dari segi waktu tempuh dan biaya\ntransportasi.

\n\n\n\n

Untuk Zona I, yang\nterdiri dari kecamatan Kendawangan, Matan Hilir Selatan, Benua Kayong,  Delta Pawan, Muara  Pawan dan Matan Hilir Utara, di ikuti\nsebanyak 72 (tujuh puluh dua) orang peserta. Pelaksanaan tes tertulis dilakukan\nsecara online dengan metode Socrative pada hari Jumat, (13/12/2019), dimulai\npukul 08:00 WIB pagi, bertempat di Ruang Laboratorium Komputer SMAN 2 Benua\nKayong, Ketapang. Kemudian peserta akan melanjutkan proses tes wawancara di\nKantor Bawaslu Kabupaten Ketapang mulai pukul 10:00 WIB, hingga selesai seluruh\nkecamatan. 

\n\n\n\n

Di Zona II yang terdiri\ndari Kecamatan Pemahan, Nanga Tayap, Sandai, Hulu Sungai, Sungai Laur,\nSimpang  Dua dan Simpang Hulu, akan di\nikuti sejumlah 51 (lima puluh satu) peserta tes dengan mengambil tempat di Aula\nSerbaguna Kecamatan Sandai.

\n\n\n\n

Terakhir Zona III yang\nterdiri dari Kecamatan Tumbang Titi, Sungai Melayu Rayak, Jelai Hulu, Marau,\nSingkup, Air Upas, serta Manis Mata, akan di ikuti sebanyak 32 (tiga puluh dua)\norang peserta, bertempat di gedung SMAN 1 Kecamatan Marau.

\n\n\n\n

Pelaksanaan tes\ntertulis di Zona II dan Zona III dilakukan secara serentak pada hari minggu,\n(15/12/2019), dimulai pukul 08:00 WIB pagi. Hal ini dimaksudkan untuk\nmengantisipasi jangan sampai terjadi kebocoran soal tes. Khusus di kedua zona\nini, tes tertulis telah diputuskan tidak dilakukan secara online dengan metode\nSocrative, melainkan dengan cara tes tertulis manual dikarenakan terkendala\nkoneksi internet yang kurang stabil. Pelaksanaan tes tertulis nantinya juga\nakan di pantau langsung oleh Tim dari Bawaslu Provinsi Kalimanatan Barat yang\nakan turun di masing-masing zona. Sementara kelanjutan untuk pelaksanaan tes\nwawancara di masing-masing zona, rencananya akan dilakukan di tempat yang sama\nsegera selepas tes tertulis selesai dilaksanakan. 

\n