Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Ketapang Tekankan Integritas dan Komitmen PTPS dalam Rapat Kerja Teknis Pembentukan PTPS dan KPPS

Foto Ketua Bawaslu Ketapang

Saat Ketua Bawaslu Ketapang menyampaikan sambutan pada pembukaan kegiatan. FOTO HUMAS

Ketapang, 21 September 2024 Bawaslu Kabupaten Ketapang menyelenggarakan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Pembentukan  Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) dan Pengawasan Pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada Pemilihan Tahun 2024 di Grand Zuri Hotel Ketapang. Rakernis yang digelar pada siang hari ini, Sabtu (21/9/2024),  menekankan pentingnya integritas dan komitmen  petugas Pemilu dalam  mensukseskan Pemilihan Pemilihan  Kepala Daerah (Pilkada) 2024.


Ketua Bawaslu Ketapang, Moh. Dofir, dalam sambutannya menyampaikan bahwa  integritas dan komitmen menjadi faktor penting dalam menjalankan  tugas penyelenggaraan Pilkada. " ada isu strategis yang menjadi fokus pengawasan dalam pilkada ini yaitu tentang Money politics yang dapat menyasar siapapun diruang bebas ditubuh masyarakat termasuk penyelenggara, maka ini menjadi titik krusial bagi kita, bahwa money politik bisa menyasar dan menggoda siapapun," tegasnya.
 

Dofir  menambahkan, "Jangan sampai penyelenggara pemilu menjadi kendala dan masalah bagi penyelenggaraan Pilkada.  Maka pada saat perekrutan PTPS,  kita harus benar-benar menguji integritas dan  komitmen  calon  PTPS."

Dofir  juga  mengingatkan  tentang pentingnya  memperhatikan  isu Pemungutan Suara Ulang (PSU). "Ini yang perlu kita kuatkan dari sisi pengaturan guna menangkal dan mencegah potensi terjadinya PSU, Jangan sampai hal-hal negatif yang terjadi pada Pemilu sebelumnya itu terjadi lagi, dan ujung tombak pengawasannya ada di PTPS. Maka PTPS itu harus betul-betul bagus," tegasnya.

"Rekrutlah orang yang berkomitmen, rekrutlah orang yang mau mematuhi aturan," lanjut Dofir. "Harapannya pada saat kita merekrut PTPS agar mendapatkan orang yang dapat di perintah untuk mematuhi aturan, bukan orang yang bisa diperintah untuk melanggar atau tidak mematuhi aturan".

Rakernis ini diharapkan menjadi momentum  untuk  menyamakan persepsi  dan  meningkatkan  kesiapan para  petugas  pemilihan dalam menjalankan  tugasnya  dengan  jujur dan  adil.  Bawaslu  Kabupaten Ketapang  akan  terus  melakukan pengawasan  dan  monitoring  terhadap proses  pembentukan  PTPS  dan pengawasan terhadap pembentukan KPPS  untuk  memastikan terlaksananya Pilkada  yang demokratis di  Kabupaten  Ketapang.

Penulis dan foto : Dede Hadhori

Editor : Moh. Dofir

Tag
Berita