Lompat ke isi utama

Berita

Apel Pagi di Hari Pertama Pendaftaran Partai Politik

Apel Pagi di Hari Pertama Pendaftaran Partai Politik
\n

Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Ketapang melaksanakan apel pagi (Senin, 1/8/2022) di halaman Sekretariat Bawaslu Ketapang yang diikuti oleh pimpinan dan staff Bawaslu Ketapang. Dalam apel tersebut, yang bertugas sebagai pembina apel adalah Bapak Ronny Irawan. Dalam amanatnya, Bapak Ronny Irawan menyampaikan bahwa hari ini merupakan hari pertama pendaftaran partai politik di KPU RI. Oleh karena itu, Bawaslu ikut serta dalam mengawasi dan mencermati data-data yang masuk di SIPOL (Sistem Informasi Partai Politik)  dengan terlebih dahulu masuk ke akun SIPOL. Cuma, akses untuk masuk belum diberikan kepada Bawaslu Kabupaten/Kota dan berkaitan dengan itu pula, Bawaslu Ketapang harus menugaskan salah satu staff yang memantau jalannya pendaftaran melalui SIPOL.

\n\n\n\n

Perlu diketahui juga, bahwa pendaftaran partai politik tidak lagi membawa berkas fisik ke KPU tetapi sudah melalui pengiriman data melalui Sipol.   

\n\n\n\n

Selanjutnya, ada surat perjanjian keamanan SIPOL yang harus dibuatkan dan diberikan kepada staff yang ditugaskan untuk mengawasi pendaftaran partai politik melalui akun sipol.

\n\n\n\n

Lebih lanjut disampaikan, agar Sekretariat Bawaslu Kabupaten Ketapang mengatur siapa-siapa saja petugas piket di masa pendaftaran partai politik di kantor Bawaslu Kabupaten Ketapang dengan jangka waktu yang ditentukan sebagaimana amanah dari Bawaslu RI.

\n