BAWASLU KABUPATEN KETAPANG

Bersama Rakyat Awasi Pemilu – Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu

POLRES KETAPANG MENGGELAR RAPAT LINTAS SEKTORAL

BAWASLU: Sebagai upaya untuk membangun sinergisitas dengan pihak terkait, Polres Ketapang menggelar acara Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Dalam Rangka Kesiapan Pilkada Kabupaten Ketapang Tahun 2020, bertempat di Ballroom Hotel Borneo, Jl. Dr, Sutomo, Ketapang pada Selasa (25/8/2020) pagi. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kapolres Ketapang, AKBP. Wuryantono, S.I.K, MH. Hadir dalam pembukaan acara, yakni Bupati Ketapang yang di wakili Asisten Bidang Pemerintahan, Kajari Ketapang, Dandim 1203 Ketapang, serta Danlanal Ketapang. Sedangkan Ketua DPRD dan Ketua Pengadilan Negeri berhalangan hadir.

Adapun pihak yang turut diundang pada kegiatan tersebut, yakni para Kapolsek, Tokoh Adat/Etnis dan Tokoh Agama, Ketua Panwaslu Kecamatan dan Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan Se-Kabupaten Ketapang, serta perwakilan pengurus partai politik. Sementara dari Komisioner Bawaslu, Komisioner KPU, serta Kepala Kesbangpol Linmas  Kabupaten Ketapang terundang dalam kapasitas sebagai narasumber,.

Pada sessi penyampaian materi oleh narasumber Komisioner KPU Ketapang, Bapak Ahmad Siddiq, menyampaikan paparan umum seputar tahapan Pilkada dan tahapan Pencalonan yang akan dilaksanakan. Selain itu juga disampaikan seputar gambaran teknis terkait rencana proses pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani, psikologi dan narkoba terhadap Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati. Demikian pula penerapan standar protocol kesehatan Covid-19 bagi pihak-pihak yang melakukan pendampingan terhadap bakal pasangan calon saat melakukan proses pemeriksaan kesehatan di rumah sakit yang ditunjuk.

Pada kesempatan berikutnya, Komisioner Bawaslu Ketapang, Bapak Ronny Irawan juga menyampaikan beberapa hal penting seputar pengawasan oleh Bawaslu Ketapang. Yakni, berkaitan aspek-aspek yang menjadi fokus pengawasan, postur personil pengawasan secara berjenjang, peran partisipatif masyarakat dalam pengawasan, optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi sebagai sarana pendukung kegiatan pengawasan dan pelaporan, serta beberapa tinjauan potensi kerawanan dalam tahapan Pilkada. Pada bagian akhir, Bawaslu Ketapang menyampaikan harapan agar kiranya Pilkada Ketapang di Tahun 2020 ini tidak hanya sebatas menjadi ajang kontestasi politik semata, namun lebih dari itu ada nilai-nilai positif yang dapat dibangun ditengah masyarakat yang berdampak pada peningkatan kualitas demokrasi yang bersandar pada kepatuhan pada norma dan etika sosial.

Narasumber dari Kesbangpol menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah sudah memberikan support berupa dana hibah lewat mekanisme NPHD kepada KPU dan Bawaslu Ketapang, serta stakeholder yang berkenaan dengan tugas pengamanan, dalam hal ini kepada Kepolisian dan TNI. Untuk teknis pengelolaan anggaran tersebut diserahkan sepenuhnya kepada institusi penerima. Sedangkan narasumber dari Kepolisian yang diwakili oleh Kepala Bagian Operasi Polres Ketapang, Bapak Mediayanto, pada kesempatan itu memaparkan infornasi mengenai strategi umum pengamanan Pilkada, peta daerah rawan gangguan kamtibmas, postur kekuatan personil, peralatan dan anggaran, serta skema penempatan personil pada Pilkada Ketapang Tahun 2020. Rencananya Polres Ketapang akan mengerahkan kurang lebih 500 personil yang dimiliki, serta 200 personil tambahan yang merupakan BKO dari Polda Kalimantan Barat.

Penulis: Dede Hadhori (Humas Bawaslu Kabupaten Ketapang)
(28/8/2020)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BAWASLU KABUPATEN KETAPANG | Newsphere by AF themes.