BAWASLU KABUPATEN KETAPANG

Bersama Rakyat Awasi Pemilu – Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu

BAWASLU KETAPANG AWASI RAPAT PLENO TERBUKA REKAPITULASI DUKUNGAN PERSEORANGAN

BAWASLU: Bertempat di Hotel Grand Zuri Ketapang pada jumat (21/8/2020) malam, KPU Kabuapaten Ketapang menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Hasil Perbaikan Tingkat Kabupaten dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ketapang Tahun 2020. Jalannya Rapat Pleno Terbuka di pimpin lansung oleh Ketua KPU Kabupaten Ketapang, Bapak Tedi Wahyudin, setelah sebelumnya diawali dengan pembukaan secara resmi pukul 19.30 WIB. Tampak mendampingi  4 (empat( orang Komisioner KPU Kabupaten Ketapang lainnya.

Selain itu, turut hadir sebagai peserta Rapat Pleno Terbuka, yakni jajaran Komisioner Bawaslu Kabupaten Ketapang, serta LO Bakal Pasangan Calon Perseorangan. Pihak lainnya yang turut terundang, yakni Kapolres Ketapang, Dandim 1203 Ketapang, Kepala Disdukcapil Kabupaten Ketapang, Ketua PPK Se-Kabupaten Ketapang, Sementara Bakal Pasangan Calon Perseorangan, M. Yasir Anshari  dan Budi Mateus, S.Pd, M.Si tidak tampak hadir dan mewakilkan kehadirannya pada LO tingkat Kabupaten.

Proses Rekapitulasi Dukungan Hasil Perbaikan dilakukan dengan membacakan satu demi satu Berita Acara Model BA.6-KWK Perseorangan Perbaikan dari masing-masing PPK. Di ujung setiap pembacaan Barita Acara dilakukan proses konfirmasi kepada Bawaslu Kabupaten Ketapang dan LO Bapaslon untuk mendapatkan tanggapan yang dilanjutkan dengan pengesahan.

Setelah seluruh dokumen Berita Acara Hasil Rekapitulasi Dukungan Perbaikan tingkat PPK untuk 20 (dua puluh) kecamatan selesai dibacakan, di peroleh jumlah dukungan akhir terhadap Bakal Pasangan Calon Perseorangan yang dinyatakan Memenuhi Syarat, yakni berjumlah 8.666 dukungan. Selanjutnya, KPU Kabupaten Ketapang menetapkan jumlah secara keseluruhan dukungan yang Memenuhi Syarat, yakni berjumlah 27.915 dukungan. Jumlah tersebut merupakan penjumlahan dari Hasil Rekapitulasi Dukungan Tahap Awal yang berjumlah 19.249 dukungan, ditambahkan dengan Hasil Rekapitulasi Dukungan Tahap Perbaikan sejumlah 8.666 dukungan. Berdasarkan ketentuan persyaratan yang ditetapkan oleh KPU Kabupaten Ketapang sebelumnya, bahwa jumlah syarat dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan yang mesti dipenuhi berjumlah 31.793 dukungan.

Dengan demikian terdapat kekurangan sejumlah 3.878 dukungan yang tidak dapat dipenuhi oleh Bakal Pasangan Calon Perseorangan di tahapan Verifikasi Faktual Perbaikan. Oleh karenanya, KPU Kabupaten Ketapang dalam keputusannya menetapkan pasangan M. Yasir Anshari  dan Budi Mateus, S.Pd, M.Si tidak dapat melakukan pendaftaran sebagai Bakal Pasangan Calon pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ketapang Tahun 2020 mendatang. Keputusan tersebut disahkan secara bulat dan dituangkan secara resmi dalam dokumen Model BA.7-KWK Perseorangan Perbaikan yang diterbitkan oleh KPU Kabupaten Ketapang, serta ditanda tangani oleh seluruh Komisioner.  

Terhadap hasil penetapan KPU Kabupaten Ketapang tersebut, kemudian mendapat respon dari pihak LO Bapaslon dengan cara menyampaikan nota keberatan secara resmi yang disampaikan secara lisan dan tertulis, serta menuangkan keberatan terhadap hasil rekapitulasi tersebut kedalam Lampiran Model BA.7-KWK Perseorangan Perbaikan.

Adapun yang menjadi point keberatan, yakni Pertama adanya inkonsistensi antara norma dan penerapan Aplikasi SILON yang dianggap menimbulkan kerugian yang massif bagi pihak paslon serta berakibat munculnya kegandaan yang menyebabkan berkurangnya data dukungan yang harus diverifikasi. Kedua, proses input data ke SILON tidak sesuai urutan proses yang seharusnya yang berakibat terjadi data potensi ganda disebabkan upload data dukungan awal dilakukan setelah proses input data ke SILON. Padahal seharusnya proses download data dukungan awal terlebih dahulu. Terakhir, pihak LO Bapaslon meminta kepada KPU Kabupaten Ketapang melakukan evaluasi menyeluruh dan mengabulkan permohonan sebagaimana tertuang dalam nota keberatan yang disampaikan secara tertulis sebelumnya.

Penulis: Dede Hadhori (Humas Bawaslu Kabupaten Ketapang)
(24/8/2020)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BAWASLU KABUPATEN KETAPANG | Newsphere by AF themes.