Bersama Rakyat Awasi Pemilu – Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu

PENGAWAS PEMILIHAN UMUM KELURAHAN/DESA MERUPAKAN UJUNG TOMBAK PENGAWASAN DI TINGKAT KELURAHAN/DESA

BAWASLU KETAPANG : Pada tanggal 14 Maret 2020 Bawaslu Ketapang mengintruksikan Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Ketapang Nomor : 037/K.BAWASLU-PROV.KB-03/PM.00/III/2020 untuk melaksanakan Pelantikan Pengawas Pemilihan Umum Desa/Kelurahan  yang terpilih di tahapan seleksi tertulis dan Wawancara.

Dari jumlah keseluruhan yang telah di lantik oleh Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Ketapang seharusnya 262 pengawas yang tersebar di 262 Desa/Kelurahan, namun terdapat 7 Desa/Kelurahan yang mengalami kendala untuk menjadi Pengawas Pemilihan Umum Desa/Kelurahan, yaitu Kecamatan Hulu Sungai 4 Desa dan Marau 3 Desa. Sehingga yang baru dilantik sebagai Pengawas Pemilihan Umum Desa/Kelurahan (PPDK) berjumlah 255 orang yang tersebar di 255 Desa/Kelurahan.

Herlina selaku Koordinator Divisi SDM Bawaslu Ketapang menuturkan bahwa Panwaslu Kelurahan/Desa merupakan ujung tombak Pengawasan di tingkat Kelurahan/Desa, untuk itu Pengawas Pemilihan Umum Desa/Kelurahan perlu memahami tugas, wewenang dan kewajiban agar terwujudnya Pengawas Pemilihan Umum Desa/Kelurahan yang memiliki karakter pengawas yang mempunyai Integritas dan tidak bersikap Diskriminatif dalam menjalankan tugas dan wewenangnya ujar Herlina.

Koordinator Divisi SDM Bawaslu Kabupaten Ketapang Syarifah Herlina, Pada saat menyalami dan ucapan selamat kepada anggota PPDK usai dilantik.

Kemudian tambahnya, Dari 7 Desa yang belum dilantik Pengawas Pemilihan Umum Desa/Kelurahan dikarenakan kondisi alam yang tidak bersahabat yaitu adanya banjir, sehingga akses untuk pergi ke Kecamatan dalam penyerahan berkas terkendala jarak yang jauh dari Kecamatan, kemudian akses menuju Kecamatan masih rusak parah dan juga ada yang melamar tapi usia belum mencapai 25 Tahun.

Sejauh ini Bawaslu Kabupaten Ketapang terus mengontrol Kecamatan yang masih mengalami kekosongan untuk Pengawas Pemilihan Umum Desa/Kelurahan untuk segera berupaya mendapatkan calon Pengawas di tingkat Desa/Kelurahan tersebut.

(16/03/2020)

Humas Bawaslu Kabupaten Ketapang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BAWASLU KABUPATEN KETAPANG | Newsphere by AF themes.